Pelayanan Terbaik Kunci Bisnis Sukses

Pelayanan terbaik kepada pelanggan diakui sebagai kunci paling penting bagi keberhasilan bisnis. Layanan terbaik yang diberikan pada konsumen sama artinya sedang membangun jembatan emas, dimana lewat jembatan ini akan terus melintas aliran uang tanpa batas. Pelayanan terbaik bukan diukur lewat angka angka statistik, tetapi lebih kepada perasaan puas di hati para pelanggan. Mengapa rata rata perusahaan Jepang tetap bisa bertahan dalam segala kondisi tanpa pernah ditinggalkan oleh pelanggannya? Kadang kita temui ada sebuah perusahaan yang mampu eksis hingga puluhan tahun, mereka tak pernah ditinggalkan oleh konsumen walau harga dinaikkan berkali kali. Perusahaan itu juga selalu mengeluarkan produk baru dan dijual kepada pelanggan setianya tanpa ada masalah. Tahukah anda mengapa perusahaan itu tak pernah gagal dalam menjual ? Pembaca yang hebat... kunci utama yang mereka lakukan terdapat pada pelayanan terbaik, mereka tak pernah mengeluarkan keluh kesah kepada pelanggan, mereka tak pernah mencari alasan untuk menyalahkan para pelanggan. Yang mereka lakukan adalah memenuhi dan melayani konsumen dengan sebaik baik pelayanan. Ketika muncul komplain, keberatan, dan kritikan tajam, perusahaan akan mencatatnya sebagai tantangan, tidak sedikit pula mereka siap merugi demi memperbaiki produk yang belum sesuai harapan. Tidak seperti kebanyakan pelaku bisnis yang biasanya mencari alasan untuk membungkam pandangan pelanggan. Perusahaan yang punya pola pelayanan terbaik tak pernah menganggap pelanggan sebagai manusia bodoh, justru mereka dipandang sebagai keluarga perusahaan yang berperan dalam menentukkan hidup matinya bisnis yang dikelola. Sungguh hebat memang perusahaan yang membangun kepedulian tinggi kepada pelanggannya, mereka tak pernah melakukan diskriminasi dalam melayani dan mereka dipastikan akan bisa bertahan dalam menghadapi segala persaingan. Perusahaan yang telah mendesain pelayanan terbaik tak akan pernah lupa untuk berterima kasih kepada para konsumennya, dimata perusahaan, pelanggan adalah orang orang yang telah membesarkan bisnisnya hingga segenap unsur perusahaan mencapai taraf hidup yang sukses. Terasa sangat bodoh kalau ada penjual bermuka masam dihadapan calon pembeli , atau melayani pembeli dengan setengah hati. Tampaknya ia tidak paham bahwa hidupnya dipengaruhi oleh ada tidaknya pembeli, penjual semacam itu pada saatnya akan menelan kegagalan besar, terutama ketika muncul penjual baru dengan pelayanan lebih baik darinya.