Sejarah Toyota Motor Penuh Inspirasi


Sejarah toyota sangat menarik untuk dibahas dalam blog ini, terutama agar kita bisaa mengambil pelajaran penting  dibalik perusahaan mobil asal Jepang tersebut. Mungkin sudah menjadi tradisi  bahwa suatu merk perusahaan biasanya terkait dengan nama dari pendiri perusahaan  tersebut. Sebut saja misalnya  Merk Honda, yang ternyata  juga diambil dari nama Soichiro Honda. Lalu bagaimana dengan merk Toyota, apakah ia juga terkait dengan nama  pendirinya ? Kalau dipahami secara tidak langsung memang nama toyota ini punya hubungan erat dengan pendirinya, tetapi  tidak tepat tepat amat. , karena nama asli sang pendiri sebenarnya bukan Toyota, tetapi Toyoda. Toyoda, yang kala itu mendirikan  Pabrik Tenun Otomatis mengembangkan divisi mobil yang dikemudian hari dinamakan dengan Toyota Motor Corporation. Konon istilah Toyota merupakan hasil plesetan dari kata Toyota dimana kata  hasil plesetan ini lebih enak ketika diperdengarkan. 

Dari literature yang cukup terpercaya, sejarah Toyota dimulai pada tahun 1933, yaitu dengan didirikannya Toyota Motor Corporation, tepatnya pada bulan September di tahun tersebut. TMC atau Toyota Motor Corporation mulai dipisahkan secara mandiri dari Pabrik Tenun Toyoda pada tanggal 27 Agustus 1937 dengan tugas utama menghasilkan mobil sebagaimana yang kini sangat popular di dunia. Memang sangat unik kelahiran dari Toyota ini, kalau istilah anak gaul mungkin dianggap tidak nyambung, coba bayangin friend, dari pabrik tenun kok meloncat ke pabrikan mobil, anehnya lagi kini semua orang juga sangat mengidolakan mobil dengan merk Toyota. 

Sejarah Toyota yang ternyata sangat unik ini setidaknya bisa membuka pikiran kita agar lebih fleksibel dalam mengaitkan sesuatu yang terasa tak mungkin. Dengan bekal ketidakmungkinan, Toyota kini terbukti mampu memproduksi 1 unit mobil dalam 50 menit, sementara kita dalam 50 menit mungkin belum bisa menghasilkan apa apa, he..he, mungkin lima pluh menit waktu yang kita miliki terbuang percuma tanpa melakukan perubahan apapun. Dengan pola inovasi yang terus dilakukan tanpa batas, Toyota kini berkembang menjadi pabrikan mobil terbesar dunia, dengan tingkat produktivitas  rata rata 8,5 juta unit mobil bisa diciptakan setiap tahunnya. 

Perusahaan mobil yang berkantor pusat di Jepang , tepatnya di Toyota City, Aichi ini, telah melebarkan sayapnya ke seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali Indonesia juga merupakan salah satu pasar yang dijadikan target oleh Toyota Motor Corporation. Mobil Toyota di nusantara selalu jadi impian rakyat, selain punya kualitas bagus, Toyata juga dikenal awet dan punya mesin yang berteknologi tinggi. Kini penulis juga sedang menabung dengan satu harapan suatu hari nanti bisa membeli salah satu mobil yang diciptakan oleh Toyota. Tidak muluk muluk sich, hanya ingin mobil Kijang Innova atau Toyota Avansa. Doakan ya agar nantinya keinginan ini bisa penulis wujudkan. Amiin.Mungkin ini saja kupasan posting mengenai sejarah Toyota, walau singkat semoga bisa memacu kita untuk lebih bisa menghargai waktu dan benar benar bisa memanfaatkan waktu yang kita miliki untuk menghasilkan karya sebagaimana Toyota yang selalu terus memproduksi mobil  tiap lima puluh menit.