Sejarah Fortuner Dari Toyota Untuk Kita


Sejarah Fortuner - Salah satu mobil yang diciptakan oleh Toyota Motor Corporation bernama Fortuner, anda pasti juga sudah paham jenis mobil lain yang sama sama diproduksi oleh Toyota seperti kijang innova, Toyota Avansa, dan lain sebagainya. Namun khusus untuk Fortuner memang agak beda, karena Fortuner merupakan mobil dengan tipe SUV. Apa itu suv dan bagaimana perbedaan unik yang terdapat pada Fortuner jika dibandingkan dengan yang lain ? SUV merupakan kepanjangan dari sport utility vehicle, mobil baru bisa dikatakan masuk kelas SUV kalau mobil tersebut punya kemampuan untuk membawa  penumpang  dan  barang dengan kelincahan tertentu . Selain itu ia juga didukung oleh  penggerak 4 roda agar dapat dpakai off-road. 

Toyota Fortuner juga punya sejarah tersendiri, kehadiran mobil SUV ini mulai dikenalkan pada tahun 2005 di kawasan  negara ASEAN. Dari catatan yang ada, pada mulanya Fortuner dirakit di negeri gajah putih Thailand. Fortuner dibuat sesuai platform Toyota Hilux atau yang lebih popular dengan nama Toyota Vigo di Thailand, platform ini dipakai  juga oleh Toyota Innova dan diterapkan pada Toyota Hi-Lux Pickup. Sejarah yang terkait dengan Fortuner mencatat bahwa diawal tahun 2007,Fortuner telah mulai dirakit dalam bentuk CKD (Completely Knock-Down) di Indonesia.Ketika pabrik perakitan mobil Toyota di Thailand ditutup maka mulai tahun 2010 semua proses perakitan mobil Toyota fortuner dialihkan ke Toyota  Indonesia. 

Catatan lain mengenai sejarah Fortuner ini adalah bahwa pada tahun  2007 di Indonesia juga dipasarkan Toyota Fortuner yang berbasis mesin diesel dengan kode mesin 2KD-FTV 2.5 Liter D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection. Fortuner yang dipasarkan tersebut memakai sebuat  teknologi baru dengan sistem Common Rail, sebuah mesin diesel yang  identik dengan mesinyang diterapkan pada  Toyota Innova versi diesel. Di awal pembuatannya  Fortuner jenis  ini hanya diproduksi dalam bentuk manual, namun seiring berjalannya waktu  pada tahun 2009 telah dilaunching kembali Fortuner  diesel bertransmisi otomatis. Ada beberapa keunggulan yang membuat Fortuner versi  ini diminati oleh konsumen.

Selain mampu membawa  tujuh penumpang  dewasa secara leluasa, Fortuner ini juga didesain dengan lebih sempurna sehingga dapat  menembus genangan air yang cukup dalam.Dengan segala keunggulan yang ada maka jangan kaget kalau  Toyota Fortuner mendapat kepercayaan yang tinggi dimata para pemakai di wilayah Indonesia. Demikian review kecil mengenai  sejarah singkat dari Fortuner, semoga bisa menjadi penambah pengetahuan yang member manfaat nyata dalam hidup pembaca. Terima kasih