Cara Belajar Matematika Lewat Media Unik

Cara belajar matematika harus dimulai dari pengenalan dasar dasar matematika yang kuat dan benar. Pada kesempatan ini penulis akan mencoba untuk membahas dasar matematika sebagai syarat mutlak agar peserta didik bisa tampil mudah dalam belajar matematika. Dasar matematika ini harus telah dikenalkan dan dikuasai oleh orang yang belajar matematika agar nantinya mereka memiliki cara berpikir logis dan kritis. Pertama, belajar matematika mesti dimulai dengan operasi hitung dasar penjumlahan bilangan. Konsep tentang penjumlahan bilangan dalam matematika mesti diajarkan terlebih dahulu sebelum masuk ke materi berikutnya. Banyak kesalahan saat orang mengajarkan penjumlahan bilangan, mereka memulainya dengan penjumlahan sulit sementara peserta didik belum paham pada penjumlahan dalam skala mudah. Seorang guru hendaknya tidak meremehkan peran dari penjumlahan dasar seperti 2+3 dan 3+8, karena dari sinilah semua materi matematika akan terus berhubungan. Penjumlahan sebagai operasi hitung dasar harus selalu dievaluasi tingkat kemajuannya, baik untuk kecepatan maupun ketepatan saat guru menanyakan hasilnya. Satu fakta yang sangat menarik banyak anak mempelajari materi tingkat tinggi sementara untuk operasi hitung dasar masih lemot. Atau katakanlah masalah penjumlahan dasar saja belum bisa dia sudah meloncat ke materi yang memerlukan analisa berpikir lebih tinggi. Matematika akan terasa mudah ketika kita mampu mengembalikan semua variabel pada akar penyebabnya. Pada tahap operasi hitung penjumlahan dasar ini, ada baiknya anak anak dikenalkan model penjumlahan matematika dengan benda benda konkret. Coba tugaskan mereka untuk mengumpulkan barang barang yang paling menarik di rumah, lalu minta agar dibawa ke sekolah atau ke suatu tempat untuk belajar bersama. Penulis sendiri pernah menjadi sukarelawan dengan mengajar beberapa anak untuk belajar matematika. Ternyata dari beberapa pengamatan, anak yang ditugaskan untuk membawa koleksi barang kesayangan akan memberi minat lebih tinggi dan lebih siap dalam belajar matematika dimanapun mereka berada. Mainan atau benda yang ada di dekat mereka bisa menjadi media belajar matematika yang sangat efektif. Satu kejadian menarik bisa penulis ceritakan disini. Suatu hari saya sedang kesulitan menemukan cara mudah belajar matematika untuk beberapa peserta didik. Saya tahu bahwa mereka mengalami kesulitan ketika menjumlahkan bilangan dasar, hingga akhirnya saya menemukan ide agar mereka membawa ikan 20 ekor